Back To Top

Senin, 25 November 2019

PERINGATAN HARI GURU NASIONAL 2019 DI SDN 05 PASAR USANG


Hari ini, 25 November 2019, merupakan peringatan Hari Guru Nasional. Ucapan "Selamat Hari Guru" meluncur untuk para guru sebagai apresiasi atas dedikasinya mengabdi.


Seperti halnya dengan sekolah sekolah lain yang ada di Padang Panjang khususnya, 
SDN 05 Pasar Usang tidak ketinggalan merayakan Hari paling bermakna ini. Rangkaian
kegiatan di awali dengan kegiatan Upacara Bendera, berbeda dengan kegiatan Upacara 
pada Senin sebelumnya hari ini semua anggota pelaksana Upacara Bendera adalah
 Majelis Guru dan Pegawai di SDN 05 Pasar Usang mulai dari penggerek bendera hingga 
pembaca doa. Ini membuat pelaksanaan upacara bendera terasa lebih khidmat. Sebelum 
memberikan amanat , Kepala Sekolah Dra. Hayatul Masna yang bertindak sebagai 
Pembina membacakan Pidato Resmi dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem 
Anwar Marakim.

Pesan Mendikbud Menjelang Hari Guru Nasional, yang menyita perhatian adalah pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim. Naskah pidatonya memperingati Hari Guru tersebar sejak beberapa hari lalu. Pidato Nadiem dinilai tidak bertele-tele. Apresiasi dan catatan atas substansi pidato itu pun banyak dibagikan di media sosial. Dalam naskah pidato itu, Nadiem menyampaikan sejumlah hal mengenai kondisi guru saat ini. Hal itu di antaranya, guru yang dinilainya terlalu disibukkan dengan urusan administratif sehingga memiliki ruang gerak terbatas untuk memberikan pendidikan dengan cara inovatif karena tertekan tuntutan kurikulum dan sebagainya. Pada bagian akhir pidatonya, Mendikbud menyampaikan sejumlah alternatif kegiatan yang dapat diaplikasikan guru di kelas agar suasana dan kualitas berlajar-mengajar tak selalu monoton. Misalnya dengan mengajak diskusi, memberi kesempatan murid mengajar di kelas, melibatkan anggota kelas dalam sebuah proyek bakti sosial, dan sebagainya. "Apa pun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak," pesan Nadiem mengakhiri pidatonya.

Pelaksanaan Upacara bendera sekaligus peringatan Hari Guru Nasional kali ini 
berjalan lancar dan sukses. Kegiatan selanjutnya adalah pemberian Medali dan Piagam penghargaan kepada semua majelis guru dan pegawai di SDN 05 Pasar Usang . Kegiatan ditutup dengan pemberian bunga, kado, dan kue dari siswa kepada guru dan foto bersama.